« Home | Kolam ikan » | Kado » | Komposter Tong Putar » | Hemad hemad hemad! » | KB Kalender » | Susahnya memulai... » | Apa hubungan hari Bumi dan Kompos? » | Lagu » | Lama sekali ga update » | Baru niy... »

Aktivator Pengomposan

Banyak yg menanyakan aktivator kompos yg aku ceritakan akhir2 ini :)
Wah... artinya, ada juga yg mbaca blog ini huehehehehe *GEER DOT COM*

Awalnya aku cuma mengenal pengomposan biasa, ga pakai aktivator. Itupun hanya sampah2 daun dr pekarangan... lama yang jelas proses pengomposan, dan waktu itu blm terpikir untuk membuat kompos dan digunakan untuk tanaman dipekarangan, pokoknya ngurangin volume bak sampah di depan rumah, itu saja. :)

EM4(Effective Microorganism 4)
Sejak mengenal EM4 yang satu botolnya 16500 rupiah(1ltr), mulai terbantu karena proses pengomposan jadi lebih cepat.
Dosisnya pun hanya sedikit loh pemakaiannya. Untuk 1 ton sampah(sampah daun & kotoran ternak) diperlukan Em4 1ltr. Sementara untuk pembuatan Kompos cair untuk 200ltr air diperlukan 1ltr Em4(pengen juga punya tong kompos cair, tapi... nanti deh!).
Tapi kalau kurang basah dan kurang dosis jadi BAU dan berbelatung. Yang sering dilakukan untuk mencegahnya adalah, penambahan air dan EM4. Yang jelas sampah harus di potong kecil2, juga harus rajin mengaduk... :(

MOL(Micro Organisme Local alias bikinan sendiri)
Awalnya hasil jalan2 didunia maya, sempet denger2 mengenai MOl ini. Tertarik, lalu coba2 mulai dr MOL tapainya Pak SOB yg terkenal itu. Tapi karena tapai singkong dirumah ga pernah nyisa... ludes terus jadi cemilan sore... yah, jarang bikin MOL.
Padahal murah meriah ya loh. 1 ons tapai singkong + gula + air 1ltr dalam 4-5 hari sudah bs digunakan, memperbanyaknya pun mudah, tinggal pindahkan sebagian MOL tapai yg sudah jadi kedalam larutan gula lagi... bs beranak pinak dengan mudah sebenarnya.

Promi
Hasil jalan2 juga di dunia maya, nyasar ke blognya Pak Isroi. Wah... terkagum2 saya dibuatnya. Bliau ini rajin berkeliling memberi penyuluhan dimana-mana. Dan uniknya memakai promi, proses pengomposan tidak perlu di balik2 :) Harganya 14.000rupiah/kg. 1kg cukup untuk sampah sebanyak 1 ton. Bentuknya serbuk, kalau untuk sampah basah langsung diaduk saja tanpa perlu diencerkan dengan air. Info selanjutnya bs di baca di blog Pak Isroi.

Dari ketiga Aktivator diatas saya masih menggunakan Promi dan EM4. Walau sudah mempunya tong putar yang mempermudah proses pembalik2an kompos. Tetap saja saya memilih Promi sebagai aktivator favorit karena tidak perlu banyak air dan tidak perlu diaduk-aduk.

buset ma, elo beneran jadi ibu PKK yah sekarang. Gw belum bisa tuh daur ulang dan bikin kompos. Nyampe rumah dah malem, lagian rumah gw meni seuprit pisan. gak ada lahan sisa utk bikin tong puter dan yang lainnya.

hiks

itu kira2 kompos yang jadi butuh waktu berapa lama? thanks

Kebetulan saya sedang mencari artikel tentang kompos.Tentang promi,apakah bisa didapat di toko2 yang menjual bahan kimia?
Buat Mama Toti, Salam kenal ya. Blognya bagus & inspiratif.
Terus Menulis ya :)

Post a Comment

Links to this post

Create a Link

go green indonesia!

About Me

    ~ Mama Toti ~

Shout Me

    Name :
    Web URL :
    Message :

Links







Visitors

    Free Web Counter
    nyang sudi mampir

    nyang bersliweran


    JANGAN ASAL COPY PASTE..
    Dilarang copipaste